Langsung ke konten utama

Solusi e-Form pada DJP Online gagal submit beserta Tips-Tips lainnya


Pengisian SPT Tahunan pada DJP Online sekarang semakin banyak pilihan metode pengisiannya, dari pengisian di web menggunakan efiling, upload file csv hasil create dari espt, dan yang terbaru dan paling stabil menurut saya yaitu : E-FORM.

Namun ketika Wajib Pajak mengisi e-Form, muncul beberapa kendala yang membuat pengisian spt bukannya menjadi simpel malah makin ribet..

Berikut masalah dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengisian e-Form :
1. Jangan lupa download viewer dan install lalu baru kemudian download file e-form nya dengan ekstensi .XFD, open file tersebut, kemudian siap diisi.
2. Setelah download file e-form, cek email. Pastikan token kode verifikasi sudah terkirim di email anda, karena ini sangat penting untuk kebutuhan pengiriman spt melalui eform.

3. Anda tidak dapat klik langkah selanjutnya, biasanya muncul notifikasi: One or more the items in this form have not yet been competed correctly. Pastikan sudah tidak ada field/ baris yang berwarna pink.
 

4. Pengisian harta/ utang/ daftar tanggungan kosong/ tidak ada? klik tanda (-) pada pojok kolom-kolom tersebut sampai tidak menunjukan terdapat field. untuk menghindari error status 0 dan error lainnya.

5. Nah yang terakhir adalah sesuai judul posting ini yaitu : Gagal Submit. Masalah ini muncul di langkah terakhir, yaitu ketika wajib pajak akan mengirim spt pada eform untuk mendapatkan tanda terima. Notifikasi errornya antara lain adalah: pastikan anda sudah tersambung dengan internet atau bahkan cuma muncul notifikasi kosong.
Padahal anda sudah memastikan Internet dalam keadaan lancar jaya. Solusi cepat untuk masalah ini adalah : buka internet explorer, masuk Tools  (Alt X)> internet option

pilih tab advance, berikan centang pada pilihan kotak Use SSL 2.0, Use SSL 3.0, Use TLS 1.0, Use TLS 1.1, Use TLS 1.2, kemudian klik apply dan OK.


Coba submit ulang eform anda.


Kira-kira itulah kendala yang sering dihadapi dan hal hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian eform, semoga berguna.

Thank me later.

Update : Setelah mencoba submit spt pada eform, muncul notifikasi "Token tidak valid. Harap cek kembali token Anda!". Padahal anda sudah mengetik token yang dikirim di email dengan sesuai dan sama persis. Solusinya : cek pada menu arsip SPT di akun djponline anda pada djponline.pajak.go.id. Jika SPT yang akan disubmit pada eform sudah ada di menu tersebut, berarti sebenarnya SPT sudah berhasil terkirim dan anda dapat melihat/mencetak tanda terimanya pada arsip SPT tersebut.


Komentar

rudi kusuma mengatakan…
mantap bos..thanks
sungQ mengatakan…
senang bisa membantu :)
Unknown mengatakan…
Sip. Makasih ilmunya....
Anonim mengatakan…
windows 10 dong
Unknown mengatakan…
mau tanya, saya mau submit belum bisa muncul "anda menggunakan versi lama, silahkan download versi terbaru", trus saya coba download lagi lewat e form , saya submit,masih muncul tulisan yang di atas tadi, minta tolong solusinya gimana? terimakasih sebelumnya.
Anonim mengatakan…
Saya juga punya permasalahan yang sama,
tidak bisa submit karena ada notifikasi

"Anda menggunakan SPT versi lama,
silahkan unduh (download) versi terbaru".

Downloadnya dimana?
khan file SPT nya otomatis terdownload
saat klik kirim permintaan.

Mohon solusinya donk...
Ade mengatakan…
Solusi atas permasalahan Anda menggunakan SPT versi lama,
silahkan unduh (download) versi terbaru adalah coba buka profil djp online lalu di ubah hak akses coba unchecklist kembali eform setelah hak akses eform nya tidak ada checklist nya baru kemudian checklist eform kembali. lalu buat SPT lagi dan unduh eform lagi kemudian isikan.
Unknown mengatakan…
Sudah saya coba seerti itu. Tapi masih saja muncul tulisan anda menggunakan SPT versi lama. Sedangkan efilling pun sudah berhasil upload 100% tapi ada catatan lengiriman berhasil sehingga tidak bisa minta kode verifikasi. Adakah bapa/ibu yg sudah menemukan solusinya?
aaron mengatakan…
untuk yang muncul Anda menggunakan SPT versi lama. ikuti cara ini mas : http://prntscr.com/nf9k44 << saya dah coba dan berhasil.. semoga membantu
Unknown mengatakan…
Thanks, sangat membantu..
Panca mengatakan…
Saya sudah mengikuti langkah diatas, termasuk setting Internet Option sesuai tutorial. Tapi masih saja terdapat kesalahan pada server saat submit. Note: Kolom eForm sudah saya pastikan tidak ada yang berwarna pink. Kira2 bagaimana solusinya? Terima kasih
Gobi mengatakan…
Jika hasil posting masih sama walaupun sudah melakukan setting http://prntscr.com/nf9k44 bisa coba cara saya yaitu RESTART komputer anda.
Dan saya sudah berhasil upload setelah melakukannya.
BPE jg langsung dikirimkan ke email saya.
computer mengatakan…
sya masih ngga bisa submit statusnya spt masih menggunakan yang lama... mohon bantuannya apakah ada solusi yang lain
Unknown mengatakan…
download lagi eform viewernya di www.pajak.go.id ,versi yang terbaru, yang upload filenya ada beberapa buah sebelum submit(aku 2file pdf saja ,laporan keuangan dan pp 23 2018 ),pasti bisa disubmit klu pake itu ,aku sdh coba lancar jaya